Kota Malang (MAN 2) — Pada hari Senin pagi (11/12/23) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang menerima kunjungan tamu dari MA Al Ittihad Poncokusumo Kab. Malang sebanyak 17 orang. Kunjungan tamu yang dipimpin langsung Kepala Madrasah Aliyah Dr. H. Agus Ichwan Mahmudi tersebut diterima langsung Kepala MAN 2 Kota Malang Dr. H. Samsudin, M. Pd, dan Wakahumas Miftachul Ula, M. Ag dan Ketua Tim Akademik Dra. Hj. Wulaidah serta Tim Humas di Auditorium gedung sains terpadu lantai IV MAN 2 Kota Malang. Maksud dan tujuan kunjungan tersebut untuk melihat dari dekat Program Unggulan Madrasah dan Proses Prestasi yang diadakan Kementerian.

Dalam sambutanya, Ketua Dr. H. Agus Ichwan Mahmudi selaku Kepala mengatakan bahwa kunjungan timnya adalah dalam rangka melihat dari dekat proses manajemen MAN 2 Kota Malang secara umum sekaligus untuk melihat dari dekat Program Unggulan Madrasah dan Proses prestasi Olimpiade, Maret dan lainya.

” Tujuan kunjungan kami sesuai agenda dalam rencana yakni untuk bisa melihat dari dekat program unggulan dan proses prestasi OSN, KSM, Myres, Robotik yang sudah kita ketahui lewat Media Sosial dan Google, semoga dengan kunjungan ini dapat kita ketahui proses strateginya untuk kami bawa sebagai masukan dan InsyaAllah membawa manfaat untuk di terapkan di Madrasah kami. ” Ucap Gus Ichwan.

Dalam sambutan selamat datang dari Kepala Madrasah Dr. H. Samsudin, M. Pd sekaligus paparanya tentang prestasi MAN 2 Kota Malang secara umum menyampaikan bahwa MAN 2 Kota Malang sebagai salahsatu Madrasah Akademik sebagai motivasi dalam meraih prestasi yang selama ini diraih melalui proses yang panjang dan hal ini diperlukan kerjasama dan kerjakeras semua pihak.

“Alhamdulillah MAN 2 Kota Malang selama ini telah meraih prestasi OSN yang diadakan oleh Kemendikbud Ristek dan KSM, Myres, Robotik dan lainya yang diadakan oleh Kemenag selama ini tidak lepas dari inovasi strategi yang di rancang oleh Madrasah mulai dari seleksi penerimaan peserta didik baru, kemudian melaksanakan program unggulan dan inovasi pembelajaran di dalam maupun diluar kelas dengan penanganan secara baik dan serius.” Ucap Kamad.

Menurut Kamad beberapa inovasi strategi yang telah dilakukan oleh Tim Akademik dalam mengelolah dan mendukung program unggulan Madrasah selama ini telah menghasilkan prestasi sampai dengan Studi lanjut di perguruan tinggi dalam dan luar negeri tersebut tidak lepas dari peran Kolaborasi yang baik dari seluruh GTK dan kerjasama Komite yang baik selama ini.

” Dalam pelaksanaan proses prestasi selama ini tidak lepas dari wasilah program unggulan Madrasah diantaranya INSAN PRO, MADUMANJA dan EDU PANDA bagi peserta didik MAN 2 Kota Malang tidak lepas dari optimalisasi peran GTK Madrasah dan Komite Madrasah, dengan ikhtiar tersebut dapat menghasilkan capain banyak prestasi yang diraih anak-anak seperti OSN, KSM sampai pintu masuknya untuk studi lanjut di perguruan tinggi dalam negeri dan berbagai negara selama ini, maka perlu disiapkan sejak seleksi peserta didik baru dan pendampingan yang intensif dari guru dan pengasuh serta suport dari Komite Madrasah.” Jelas Kamad.

Acara dilanjutkan dengan presentasi yang disampaikan oleh Ketua Akademik Dra. Hj. Wulaidah mulai dari proses prestasi dimulai dengan input perekrutan jalur prestasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan segala pendukung dan pendampingan secara tersistem selama ini hingga menghasilkan beasiswa studi lanjut di Perguruan Tinggi Dalam dan Luar Negeri.

“Awal prestasi yang sudah diraih peserta didik kami melalui sosialisasi jalur prestasi dan undangan di PPDB dan selanjutnya ditampung Program Unggulan INSAN PRO melalui pendampingan peserta didik melalui program Kelas Olimpiade, Internalisasi Ke Islaman dan Sains, Pemberdayaan Alumni dan Champions Patnership yang berkolaborasi dengan Kemahadan. ” ucap Hj. Wulaidah.

Selanjutnya, dalam menghadapi kompetisi dan perlombaan perlu ada strategi yang disiapkan dengan baik melalui karantina dengan pendampingan guru dan pelatih dari alumni yang berprestasi.

“Dalam meraih prestasi Olimpiade dan riset selama ini tidak lepas dari suport penuh Kepala Madrasah dan tentunya juga Komite Madrasah, dan pendampingan dari para alumni yang berprestasi melalui karantina.” Jelas Ketua Akademik.

Ia juga menyampaikan pembinaan yang rutin dan tersistem dengan baik akan menambah kepercayaan diri peserta didik dalam menghadapi setiap event.

” Alhamdulillah pendampingan dan pembinaan mata pelajaran dan spiritual yang rutin dan tersistem selama ini dilakukan dengan baik, untuk menambah kepercayaan diri peserta didik dalam menghadapi setiap perlombaan dan menambah kesuksesan dalam karirnya.” Pungkasnya.

Dalam sesi tanya jawab tersebut, Ketua Akademik melayani setiap pertanyaan mulai dengan dukungan dan penghargaan Madrasah melalui guru dikelas dan wali kelas bagi peserta didik yang menjadi kebanggaan Madrasah dan kemenag. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait